Depacco.com

LOBSTERKU CRAYFISH FARM Headline Animator

We want to sell this website

If you want to buy / have this website, please give your offer to us via email bisnis.lobster@gmail.com

Minggu, November 30, 2008

Membuat Akuarium Sistem Bejana Berhubungan

Artikel ini diambil dari forum www.budidayalobsterairtawar.com

Terima kasih kepada bapak Achai, bapak Ariwek dan bapak Lim atas ide dan foto-foto berikut ini.


Desain bejana berhubungan pada akuarium sejajar :


Air dari akuarium A ke B ke C lalu dipompa dengan power head ke filter di atas aquarium A, dan air akan jatuh kedalam akuarium A. Demikian seterusnya. F= filter dan P=Power Head

Desain bejana berhubungan pada akuarium bertingkat :


Desainnya hampir sama dengan akuarium sejajar cuma bedanya akuariumnya dilubangi untuk perpindahan air ke bawah.

Realisasinya sebagai berikut:

Perhatikan selang kecil di ujung knee pipa PVC, sebagai sarana untuk mem-vaccum udara pada pipa penghubung bejana berhubungan. Juga sebagai indikator ada tidaknya udara yg terjebak dalam pipa.

Bejana berhubungan pada dua akuarium

Bejana berhubungan dengan 3 akuarium. Perhatikan penempatan pipa agar dipilih di titik yang paling jauh, sehingga parameter air tiap akuarium relatif sama.

Sistem akuarium - bejana berhubungan ini tidak disarankan untuk anda yang rajin membersihkan akuarium, karena pengurasan akuarium dengan bejana berhubungan ini tidak boleh sampai habis airnya, minimal 1/4 dari pipa sambungan harus tetap terendam air. Selain itu, ada kemungkinan ada udara yang terjebak dalam pipa U jika pengisian menggunakan air PAM yang tidak diendapkan dulu.

Untuk pembenihan, sebaiknya menggunakan air lift pump, karena:
  • kotoran/sisa pakan benih tidak sebanyak yang dewasa
  • benih tidak sampai terhisap oleh power head
  • arus air yang dihasilkan sudah cukup untuk melakukan filtrasi dan aerasi, tanpa menggangu burayak dan induk yg gendong telur
Yang perlu diperhatikan dari sistem bejana berhubungan itu adalah
  • Ukuran dari pipa pralon tersebut. Ukuran yang semakin besar akan semakin bagus untuk mempercepat pemindahan air. Bila pipa kecil, maka kolam yang ada pompa akan lebih cepat kering dan supply air dari kolam atau akuarium sebelumnya tidak memadai.
  • Sambungan-sambungan tersebut harus benar-benar rapat sehingga tidak terdapat kebocoran karena kalau bocor, air bejana itu pasti ikut mati.
  • Pralon untuk akuarium minimal 1" ,Kalau kolam ukuran 2m2 harus menggunakan pralon 2-3"
Untuk tahap awal, bila mengunakan bejana huruf "U" terbalik. kedua mulut/lobang pipa ditutup dengan plastik lalu dibalik ke dalam kedua kolam atau akuarium setelah kedua mulut terendam, plastik baru dibuka.



Jika menggunakan sistem bejana berhubungan ini pada box fiber, dapat dengan melubangi dinding box fiber. Pipa dibaut dibawah ketinggian air, sehingga bejana akan optomatis terhubung ketika air melebihi ketinggian knee pipa maka air akan mengalir.

4 comments:

Anonim mengatakan...

caranya melubangi dasar akurium dengan menggunakan apa ya? soalnya saya blm bisa melunamgi dasar akuarium takut pecah atau retak..makasih

Chatra Jaya Luigi mengatakan...

Biasanya kaca akuarium dilubangi dengan menggunakan goresan batu intan, namun jika belum terbiasa bisa menyebabkan akuarium retak/pecah.

Anonim mengatakan...

apa bisa digunakan pada kolam terpal?
airlift pump itu apa ya?

Anonim mengatakan...

aku baru memulai uhasa lobster aor tawar tlg kasih saran ya. arini

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda disini